Sunday 12 August 2012

Maba (mahasiswa baru) "Khayalan Tingkat Tinggi"

Sangking malu dulu, cuma berani foto dikamar Kontrakan "Waru-IV yang Haru"


Dulu ketika gw maba [Mahasiwa Baru] gw rasa itu sebutan yang konyol banget kalo dipanggilin "eh Maba mana ? jurusan apa ? dsb nya lah, Huuh..Tapi emang bener gw ga pernah mau dulu kalo seangkatan gw itu paling hobi dirias ama seniornya pake pita seragam, baju dimasukin, rambut haru sama "berarti botak". Ya, itu gw jalanin aja dengan sepenuh hati gw, toh yang namanya keseragaman dan kebersamaan di Fakultas Teknik itu katanya emang luarbiasa banget dan solid. Ya, bisalah.

Nah, karena gw sering banget ngelanggar syarat dan ketentuan (set dah kayak iklan operator aja), gw sering kena evaluasi sama kakak senior, tapi gw ga begitu menanggapi sih, emang gw yang salah kali ya | iya tau. Mulai dari pita, cocard ddan inisial angkatan, cm itu sih. tapi gw dulu emang berpenampilan rapih kok. baju kemeja dimasukin, selalu celana dasar hitam dan vantofel, mantep ga tuh. cuma rambut aja yang ketahuan maba-nya.

nggak usah ngomongin kaderisasi deh, soalnya gw males dan ga ada abisnya. masalah, kedisiplinan sampe penugasan. terlepas dari itu semua, gw mulai berfikir gmn cara biar gw harus move on dan melihat dunia kampus yang begitu luas lagi mamen, ga cuma terkungkung "didalam". emang diawal gw masuk kuliah, gw udah punya banyak temen, mulai dari FT, FE, FH, FK ..... sampe FKM dan Fakultas lainnya, karena apa ya gw butuh Informasi dan Jaringan.

singkat cerita gw lagi maba noh ya, gw udh di AIESEC, BEM KM Undip, berbagai X organisasi sampe ikutan kontes marketing pernah gw ikutin. Alhasil gw punya banyak teman | yakin | mungkin hehe. Yaudahlah biar waktu aja yang menjawab. Keinginan dan harapan gw yang besar kedua muncul saat beberapa orang2 hebat dan berpengaruh dikampus memberikan materi dan bercerita tentang prestasinya, nah ini yang musti gw langkahin dan contoh. gw paling ga suka sih sebenarnya ama orang yang ngomong ini itu tapi dia sendiri blm pernah merasakan setidaknya mencoba haah. Yaudahlah, intinya ketika ada orang2 hebat itu gw selalu mendengarkan dengan serius motivasinya bukan materinya hehe, karena materi tanpa motivasi dan action = 0. dan Alhamdulillah berkat passion dan motivasi SAYA TIDAK BISA SEPERTI MEREKA, TAPI SAYA LEBIH DARI MEREKA (bukan sombong itu motivasi, kata murobbi saya jangan ingin jadi seperti orang, jadilah ingin melebihi orang itu, ga tau sih bener apa ga hehe sorry mas F).

Lanjutkan Tidak ? (kayak pak SBY, salah satu tokoh yang menginspirasi gw)
Okay, lanjut cerita motivasi untuk berprestasi diluar sangat tinggi, khayaln tingkat tinggi banget, percaya deh sampe2 saya tulisin didinding-dinding kamar diatas kertas warna-warni ehehe. Alhasil point pertama gw lewati saat MABA gw memperoleh SILVER-Medal on Nasional Fest 2010, klo ga salah November deh. terus gw coba lanjutin ah, trend gw dibidang karya tulis lagi alhasil bawa pulang lagi

Maba ; MORE...


Mungkin masalah terbesar Maba adalah susah untuk move on, terlalu paranoid dengan tugas-tugas kaderisasi, atau belum bisa berorientasi secara cepat dengan persaingan kampus. tapi sudah seharusnya pemikiran negatif itu dibuang, jika kita masih beranggapan segala sesuatu itu tidak bermanfaat, maka tinggalkanlah, dan jangan kamu menggerutu atau menyesali tapi keluarlah dan carilah yang baru yang membuatmu nyaman tanpa kamu harus meninggalkan amanah dan tanggung jawab mu sebagai seorang maba. mungkin awal dulu moto gw adalah "MABA: Mahasiswa Berprestasi", bukannya gw pingin keluar dari kaderisasi enggak, cuma ingin berbuat lebih aja, itu gw tunjukin gw konsisten kok ikut kaderisasi dan gw komitmen untuk mengenal dunia yang lebih luas dan berprestasi. karena gw inget satu hal "saat temanmu sedang sibuk jalan ditempat, maka kamu sudah meninggalkan tempat itu untuk sesuatu yang baru". Move on, gw pingin bisa jadi contoh yang baik, udah gtu aja tanpa gw harus terikat dan ikat, KAYAK BONEKA TALI haha. udah sering gw bahas kok masalah kebebasan ditulisan sebelumnya, karena selagi itu membuatmu nyaman dan tidak melanggar nilai terutama agama dan masyarakat, lakukan ! "belum tentu mereka lebih baik dari kamu". dan kamu harus selalu dengan mode positif thingking.

 sampe akhirnya emang gw nemuin orang-orang yang emang buat gw nyaman, bisa bantu gw dan mereka seperti keluarga gw sendiri, di Undip ya. itu artinya dulu ketika di awal gw masuk Undip sebagai maba, gw emang kepingin menjadi seseorang yang dianggap "Ih nih anak ga jelas (biasa aja), TAPI sesungguhnya kamu luarbiasa". menurut gw ga ada yang salah dengan ucapan orang lain yang menjatuhkan, yang ga pingin lihat kamu lebih maju dari pada dirinya, atau sifat2 dengki dan suka mengucilkan gtu (beda dengan bercanda), tapi buktiin aja dengan SENYUM saat kamu meraih mimpi diatas tertawanya mereka saat bilang mereka bilang "ah, kamu sok sibuk, sok pintar, ga solid, sok maen diluar, lupa rumah, atau yaah kata2 geje gitu negatiflah pokoknya" Senyum atau prestasimu, BOLEH ga BANGGA, Boleh. yang TIDAK BOLEH adalah merendahkan orang lain. Bersiaplah untuk tersenyum !

Innama A'malu Binniat (Segala sesuatu didasari oleh niat)
nah kalimat ampuh ini nih yang buat motivasi gw lebih besar lagi. pokoknya move..move..movee. biarin aja speaker rusak kanan dan kiri mau ngomongin kamu apaan, yang penting tadi, *tidak melanngar. jalani aja, masa-masa maba kamu sebelum dilantik dan sebelum ada adik tingkat, so havfun aja, kalo kamu bisa menyaringnya kamu bakal dapet arti penting kebersamaan, harapan dan impian sewaktu jadi maba.

Ini kisah gw waktu maba, lain waktu pasti bakal gw tambah lagi ni cerita, soalnya yang dulu yang menginspirasi gw yang sekarang. tanpa proses gw rasa mustahil untuk melihat hasil yang melahirkan kepuasan. tapi proseslah yang menjadikan kita dewasa, kritis, wibawa, senantiasa memiliki rasa kepedulian yang tinggi. lakukan saja hal yang menyenangkan ketika kamu maba.

ada quote gw di FB yang bertuliskan "selalu senyum meski pahit, tetap tenang meski dibawah tekanan". Maba ga usah takut, karena sewaktu gw bawa pulang itu medali, banyak banget kisah, tapi itulah proses mulai dari, gw harus izin senior untuk ga ikut kaderisasi, tapi gw bilang ada acara (gw ga pernah bilang mau ikut lomba, karena menurut gw, sblm gw dapet, gw ga mau cerita dulu. ntar jadi ini tu haha). udah gtu ga tau mau minta dana bantuan delegasi, bahkan sampai lomba berlangsung, mahasiswa dari Universitas terbaik dan top big 5 bilang oh, adek ini Maba ya, hmm (ekspressi merendahkan) saya rasa cuma saya yang maba, tapi saya buktikan diakhir pengumuman. Ini Loh MABA UNDIP T. Geodesi 2010 ^^

Loud of my voice, Soedarto hall..

Tulisan ini saya dedikasikan bukan untuk merendahkan atau menyinggung seseorang atau apalah itu, tapi tulisan ini bagian dari proses perjalanan saya dari saya ketika seorang saya MABA.




2 comments: